Selasa, 12 April 2016

Bisnis Online apa yang cocok untuk Guru?

Selamat pagi bapak ibu guru? saya yakin pasti pernah terbesit pemikiran: "Bisnis apa ya biar bisa nambah penghasilan? tapi yang bisa dijalanin disela-sela aktifitas mengajar?" betul tidak? tidak, pasti anak orang kaya nih.
Kebutuhan hidup memang besar, apalagi yang sudah berkeluarga, pasti akan merasakan betapa besarnya biaya hidup. Ddalam kondisi ini mendesak kita untuk berfikir lebih kreatif. Salah satunya adalah menjadi "manusia setengah guru, setengah bos". Sepertinya kurang pas. Masak setengah-setengah. "Manusia 100% guru, 100% Bos". Setuju? lanjut.

Apa bisa guru berbisnis? ups. jangan salah.. guru itu gudangnya ilmu, gudangnya strategi. Kalau punya ilmu berarti orang pinter. Banyak loh pebisnis online yang hanya tamatan SMP. Secara logika, kalau SMP saja bisa,  guru justru lebih bisa. Guru kan lulusan Sarjana. Cuma yang menjadi permasalahan sekarang adalah terlalu banyak ketakutan untuk melangkah. jangan-jangan rugi, jangan-jangan nanti terbelit utang, jangan-jangan nanti pusing. Jangan bisnis lah. Beda dengan yang tidak terlalu memikirkan resiko, langsung saja tancap gas. Akhirnya dia tahu bagaiman celah dari bisnis yang dijalani.

Ok. Mengapa bisnis online sangat cocok untuk kaum guru?

Waktu

Ini dia yang pertama harus diperhatikan. Kita harus bisa membagi waktu antara mengajar dan berbisnis. Jangan sampai keduanya membuat kurang optimal. Tapi kalau dipikir secara matang, waktu luang guru itu banyak. Mengajar setengah hari. Disaat sela-sela mengajar juga banyak waktu luang. Sore juga luang. malam apalagi. Nah, waktu luang guru cocok untuk bisnis online. Bisnis online memang cocok untuk guru. Selain sudah menguasai IT, waktu yang digunakan fleksibel. Ngak harus nongkrong di toko. Kan online.

Modal

Modal untuk membuka bisnis online relatif sedikit. Bahkan sudah hampir semua memiliki. Punya HP android? ups. menghina kau. HPku iPhone 10. Punya laptop, modem, motor, dan cukup. Tinggal satu lagi, modal semangat. Nah, jadi tinggal action saja. Tidak harus membangun toko, menyewa toko, dll.

Lalu, bisnis online apa yang cocok untuk guru?

Beberapa produk yang cocok untuk dijalankan oleh guru.

Fashion

Produk terlaris di jagat online. Mudah jualnya, tidak basi. Tidak laku sekarang, jual tahun depan juga masih laku. Beli online fashion memang menjadi gaya hidup masyarakat indonesia. Mendingan beli online, tidak panas, praktis, lebih hemat. Prinsip masyakat urban. Nah, kita manfaatin tuh kebiasaan orang indonesia. Tak heran jika Indonesia sebagai sasaran empuk pebisnis online asing. Wajar saja karena masyarakat Indonesia yang sangat padet det. Bagaimana cara cari pemasoknya? beli dulu atau bagaimana? lanjut baca ya. Ada solusinya dibawah.

Kosmetik

Nah, siapa sih cewek yang tidak mau cantik? Peluang tuh yang sayang dilewatkan. produk ini termasuk produk yang laris manis di dunia online.

Elektronik

Elektronik juga masih menjadi produk yang laris di Internet. Misalnya HP. Setiap minggu berkembang, setiap orang membutuhkan HP. Jadi, sayang kalau terlewatkan.

Pernak pernik

Untung kecil tapi kalau yang beli banyak juga sama saja. Nah, itulah pernak pernik. Banyak ragamnya, banyak modelnya, dan tentu lagi trend di kalangan remaja. jadi recomend untuk dicoba.
Itulah bebera produk yang yang cocok untuk dijual online. Masih banyak produk lain yang bisa dijual online. Lalu bagaimana mencari suplyernya? Anda bisa mengawali dengan menjadi reseller dengan sistem dropship. Jadi tanpa harus stock barang. Tinggal jual saja. Atau jika di daerah sekitar tempat tinggal ada pengrajin, produsen, atau pedagang? tawarin saja kerjasama untuk mengonlinekan produk mereka. Jadi, tinggal jepret langsung jual.
Siap menjadi "manusia 100% guru, 100% Boss" ? Anda yang menentukan.


0 komentar:

Posting Komentar